Recent Posts

    Penting!! Kebiasaan Kecil agar Hidupmu Sehat, Seimbang dan Tidak Stress


    Dinisehat.id - Sering merasa hidup susah? Sering merasakan tubuh yang sakit - sakitan? Sering merasa stress? Yuk simak artikel ini agar hidup kamu lebih sehat dan seimbang!!

    1. Senantiasa Bersyukur

    Kita memulai hari kita dengan bersyukur dengan memanjatkan doa dan mengucap terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan di hari berikutnya untuk bernafas,bertemu keluarga, bertemu teman, dan melakukan aktifitas sehari - hari. Biasanya pada saat pagi hari banyak orang yang lupa untuk bersyukur. Kadang mereka langsung membuka Smartphone, membuka sosmed sehingga kita lupa untuk bersyukur saat bangun tidur

    Jika kamu sering melakukan hal - hal ini, biasanya kepala anda akan terasa pusing diikuti mood yang kurang bagus (Pengalaman diri sendiri). Biasanya orang bersyukur hanya saat mendapatkan rezeki, kenaikan pangkat, mendapatkan gaji, mendapatkan prestasi misalnya. Tapi ketika mendapatkan suatu masalah mereka lupa bersyukur dan hanya menyalahkan orang lain.


    Misalnya saat kamu mengalami pusing kamu harus senantiasa bersyukur karena justru dengan pusing tersebut adalah teguran sehingga kamu harus intropeksi diri, kenapa kok kepala saya pusing sekali? mungkin saya kurang istirahat,terlalu stres, kurang besyukur, tugas saya banyak, atau mungkin kurang makan. Anda harus bersyukur karena hanya diberikan pusing saja bukan penyakit struk.


    Jujur saja saya sendiri kadang masih kurang bersyukur tapi alangkah baiknya jika kita bisa merubah sedikit demi sedikit perilaku kita untuk senantiasa bersyukur sehingga kita dapat hidup dengan teratur dan seimbang.



    2. Minum Air Mineral yang Cukup


    Tubuh manusia sebagian besar tersusun atas 70% cairan. Air sangat penting bagi kelangsungan metabolisme tubuh kita, air juga berperan dalam sirkulasi darah. Saat kita kekurangan cairan tubuh maka sirkulasi di dalam tubuh akan terbebani sehingga kamu merasa kalau tubuh kamu terasa sangat berat.

    Mungkin bagi kamu yang saat bepergian dan membuang air kecil biasanya kamu akan melihat warna air senimu. Mulai dari kuning, kuning pekat dan putih. Hal tersebut menandakan bahwa kamu diharuskan untuk meminum air mineral yang cukup.


    Air juga sangat membantu dalam proses detoktifikasi karena pada saat tubuh kita mengeluarkan racun melalui buang air, pernafasan, dan keringat air memiliki peranan yang sangat penting dalam hal tersebut.



    3. Menghirup Udara Segar Tanpa Polusi


    Unsur yang paling penting yang dibutuhkan manusia yaitu udara. Manusia bisa hidup tanpa makan satu atau dua haripun, berpuasa seharipun manusia masih bisa hidup, masih bisa menjalankan aktifitasnya. Namun tanpa udara selama 5 - 10 menit? Tentu saja manusia akan mati.

    Kamu dapat memperoleh udara bersih di berbagai tempat terutama di pedesaan karena disana masih sedikit polusi akibat asap kendaraan ataupun asap industri. Jika kamu tinggal di perkotaan kamu bisa bangun pagi untuk merasakan nikmatnya udara segar, setidaknya tidak banyak dipengaruhi oleh polusi.


    Yang terpenting cobalah untuk mengurangi aktifitas seperti membakar sampah sembarangan dan merokok karena asap yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut tidak baik bagi kesehatan kamu dan orang disekitarmu.



    4. Olahraga


    Olahraga dapat membantu proses metabolisme tubuh. Tingkat stresmu akan menurun karena saat kamu berolahraga otak kamu akan mengeluarkan hormon endorfin. Kamu tidak harus melakukan olahraga dengan porsi besar, kamu bisa berolahraga kecil seperti push up,sit up, jogging sekitar rumah, dsb.

    Dianjurkan juga olahraga dibawah sinar matahari pagi karena sinar matahari dapat menghasilkan vitamin D, sebenarnya sinar matahari tidak mengandung vitamin D. jadi di dalam tubuh kita terdapat kolesterol yang mengandung pro vitamin D dan dengan bantuan sinar matahari pro vitamin D ini akan diubah menjadi vitamin D yang dapat digunakan

    dalam tubuh kita. Jika jumlah vitamin D dalam tubuh kita cukup tubuh kita jadi tidak mudah sakit dan sistem immun tubuh kita jadi lebih kuat.

    5. Makan Dengan Teratur

    Makan dengan teratur bertujuan agar kita mendapatkan bahan bakar yang nantinya dicerna oleh tubuh sehingga kita memiliki energi untuk beraktifitas. Makan dengan teratur membantu tubuh dalam memenuhi unsur - unsur yang diperlukan terutama untuk menjaga sistem immun tubuh sehingga kita tidak mudah terserang oleh Berbagai penyakit.

    6. Istirahat yang Cukup

    Manusia memerlukan waktu tidur sekitar 6-8 jam. Saat tidur organ pencernaanmu juga akan ikut istirahat dan sel - sel didalam otak dan tubuh kamu akan di regenerasi kembali. Terutama bagi kamu yang melakukan aktifitas seharian dan membutuhkan pikiran yang ekstra kamu memerlukan waktu tidur yang cukup agar tubuh kamu bisa pulih kembali.

    Bagi remaja yang ingin meninggikan badan tidur yang cukup merupakan salah satu langkah yang sangat efektif karena saat tidur tubuh kamu tidak memiliki beban seperti saat kamu melakukan aktifitas.

    Demikian artikel tentang Kebiasaan Kecil yang Dapat Membuat Hidup Lebih Sehat dan Seimbang. Materi ini terinspirasi dari video Dr Sung dari channel youtube SB30 Health. Tetap jaga kesehatan ya sob, yuk share ke teman - temanmu jika artikel ini bermanfaat.

    Baca juga : Tips Agar Tidur Anda Lebih Nyenyak di Malam Hari

    0 Response to "Penting!! Kebiasaan Kecil agar Hidupmu Sehat, Seimbang dan Tidak Stress"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel