Recent Posts

    Memilih menu sahur yang Tepat agar Puasa Tetap Semangat


    Dinisehat.id - Pemilihan menu sahur yang tepat sangat diperlukan tubuh saat menjalankan puasa karena saat puasa tubuh membutuhkan banyak nutrisi sedangkan kita tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan sampai menjelang waktu buka puasa.

    Kamu harus memperhatikan kandungan gizi yang seimbang pada menu sahur. Kamu juga harus menghindari beberapa menu makanan yang menimbulkan lemas dan lapar saat menjalankan puasa. Langsung saja yuk kita simak artikelnya!!

    1. Memilih Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

    Karbohidrat merupakan senyawa organik paling utama yang menyediakan energi pada tubuh.Kamu tidak akan merasakan kelaparan jika kebutuhan karbohidratmu terpenuhi.
    Dengan adanya karbohidrat kompleks membuat kamu tidak mudah lapar. Beberapa contoh menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah nasi,roti gandum, sereal, oatmeal dengan porsi makanan untuk sahur yaitu 1-2 porsi.

    2. Penuhi Kebutuhan Protein

    Protein memiliki peranan penting bagi tubuh seperti membantu membangun dan memperbaiki jaringan dalam tubuh. Selain itu, protein juga diperlukan untuk memperkuat sistem imunitas tubuh sehingga saat puasa tubuh tidak mudah terjangkit penyakit.
    Contoh menu makanan yang mengandung protein seperti daging, ayam, ikan, telur, susu, tahu, tempe,biji – bijian, dsb. Dengan campuran karbohidrat dan protein tentu saja kebutuhan nutrisimu akan terpenuhi dan tidak akan mudah lapar. Anjuran porsi makanan tersebut yaitu 1-2 porsi.

    3. Konsumsi Sayur dan Buah

    Sayur dan Buah sangat penting untuk dikonsumsi karena keduanya mengandung mineral dan vitamin, magnesium, kalium, dan zat besi. Selain itu, buah dan sayur mengandung serat yang tinggi. Serat tersebut membantu agar tubuhmu tidak mudah lapar dan membantu peranan metabolisme tubuh. Anjuran porsi makanan tersebut yaitu 2-3 porsi.

    4. Konsumsi Air Putih Yang Cukup

    Air merupakan salah satu menu penting yang harus ada dalam makanan kamu. Air memegang peranan penting dalam tubuh. Air membantu dalam menjaga cairan tubuh, memperlancar metabolisme tubuh, mengeluarkan racun, dan masih banyak lagi peranan air dalam tubuh. Kamu disarankan untuk minum air 4 gelas saat malam hari, 2 gelas saat sahur dan 2 gelas saat berbuka agar kamu dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar.

    5. Hindari Makanan Cepat Saji

    Saat sahur hindari mengkonsumsi makanan cepat saji seperti mie instan karena makanan tersebut mengandung bahan pengawet yang tidak sehat. Makanan cepat saji juga sangat cepat dicerna sehingga dalam beberapa jam kamu akan merasakan kelaparan.

    6. Hindari Gorengan

    Saat puasa cairan tubuhmu akan berkurang dan membuat tenggoran terasa kering sehingga dianjurkan jangan mengonsumsi gorengan karena dapat memicu radang tenggorokan dan gangguan kesehatan lainnya.

    Demikian Info tentang memilih menu sahur yang tepat ya sob, jangan lupa untuk sahur secara teratur jangan biasakan puasa tanpa sahur Karena hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Tetap jaga kesehatan ya sob, share artikel ini jika bermanfaat!!

    0 Response to "Memilih menu sahur yang Tepat agar Puasa Tetap Semangat"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel