Recent Posts

    Tips Agar Tidur Anda Lebih Nyenyak di Malam Hari


    Dinisehat.id - Tidur nyenyak adalah salah satu hal terpenting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan hidup Anda. Banyak orang yang sulit tidur karena berbagai alasan,mungkin saja karena kebanyakan kopi atau bermain smartphone. Jika Anda kesulitan tidur, itu akan mempengaruhi kesehatan, lantas bagaimana cara agar bisa tidur dengan nyenyak? Yuk simak artikelnya berikut ini!!!


    1. Redupkan lampu di rumah Anda 2 jam sebelum tidur

    Tidur dengan sedikit cahaya lampu juga berdampak baik pada kenyamanan tidur Anda. Sebab, setiap hari dalam beraktifitas pasti terpapar sinar dari gadged, TV, komputer ataupun barang elektronik lain yang banyak memancarkan cahaya infra biru pada mata. Sehingga produksi hormon melatonin pada tubuh manusia akan menurun. 

    Dimana hormon ini sangat baik untuk kekebalan tubuh sehingga tidur terasa nyenyak dan lelap saat malam hari. Hormon tersebut juga dapat mencegah penyakit seperti kanker payudara dan kanker postat. Lalu jika anda tidak mematikan lampu saat tidur otomatis produksi hormon tersebut akan terhambat karena hormon tersebut sensitif dengan rangsangan cahaya dari luar. 



    2. Jangan melihat ponsel, komputer, TV, atau layar lainnya sebelum tidur

    Layar elektronik memancarkan cahaya biru, yang mempengaruhi otak Anda untuk berpikir sehingga alhasil Anda tidak jadi mengantuk dan malah terjaga di malam hari. Sebisa mungkin hindari layar setidaknya 1 jam sebelum Anda tidur. Jika Anda perlu menggunakan ponsel atau komputer sebelum tidur, turunkan kecerahan dan gunakan aplikasi yang menyaring cahaya biru 


    3. Gunakan white noise untuk tertidur di lingkungan yang bising

    White noise adalah suara konstan dan tidak mengganggu yang dapat membantu Anda mengabaikan suara yang mengganggu, seperti tetangga yang berisik atau jalanan yang sibuk. Itu bisa berupa suara statis, tetesan hujan, dedaunan gemerisik, atau musik yang tenang tanpa vokal. Anda dapat mencari saluran white noise dengan keyword “Relaxing/Deep Sleep Music” pada layanan streaming video atau audio.


    4. Mandi Air Hangat

    Mandi air hangat dapat membuat tubuh lebih kita rileks. Saat kita mandi air hangat, suhu tubuh kita akan sedikit meningkat. Setelah kita keluar dari kamar mandi, langsung keringkan diri kita dengan handuk agar tubuh mendingin dengan cepat.
    Hal ini akan membuat tubuh berada dalam keadaan yang jauh semakin lebih rileks. Biasanya saat kita rileks kita akan merasa mengantuk dan kita pasti bisa tertidur dengan lelap jauh lebih cepat dari biasanya.


    5. Hindari minum kafein, alkohol dan minum air putih berlebih di malam hari

    Jauhi semua kafein dalam waktu 6 jam sebelum tidur atau tidak mengonsumsi kafein.  Alkohol meningkatkan kontraksi saraf terutama saraf otak sehingga dapat menghancurkan siklus tidur Anda dan menurunkan kualitas tidur Anda. Jika Anda memang minum alkohol, cobalah membatasi konsumsi Anda menjadi 1 atau 2 minuman, dan hindari minum tepat sebelum Anda pergi tidur. 

    Hindari juga minum terlalu banyak air karena dapat mengganggu tidur Anda dengan menyebabkan Anda bangun di tengah malam untuk buang air kecil. Untuk menghindari hal ini, pertimbangkan untuk tidak terlalu banyak minum air putih pada malam hari, cobalah minum setidaknya 1- 2 gelas saja.



    6. Hindari tidur di siang hari. 

    Jika Anda membutuhkan tidur siang, batasi waktu tidur hanya 15 atau 20 menit, dan hindari tidur di sore hari. Tidur siang memecah jadwal tidur Anda dan membuatnya lebih sulit untuk tertidur di malam hari, sehingga sangat dianjurkan untuk tidak tidur siang hari agar saat malam hari cepat terasa mengantuk.

    Jadi itulah beberapa tips bagi Anda yang kesulitan tidur pada malam hari. Jika artikel ini bermanfaat yuk share ke teman - temanmu sekarang!!

    Baca juga : Kebiasaan Kecil agar Hidupmu Sehat dan Seimbang

    0 Response to "Tips Agar Tidur Anda Lebih Nyenyak di Malam Hari"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel