Recent Posts

    Tips Menjaga Mata Anda agar Tetap Sehat dan Tidak Minus



    Dinisehat.id - Penglihatan yang baik dapat membantumu bekerja dengan baik di rumah,di tempat kerja, atau saat berkemudi. Itulah alasan penting untuk mengambil beberapa langkah sederhana untuk membantu menjaga penglihatan mata sebaik mungkin. 

    Pemeriksaan mata yang teratur adalah cara terbaik untuk melindungi penglihatan dan tindakan pencegahan yang mudah dilakukan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan mata!!


    1. Hindari Membaca di Tempat yang Gelap

    Hindari membaca atau melihat buku atau smartphone di tempat yang gelap karena hal tersebut membuat mata Anda sulit berakomodasi. Saat Anda memaksa mata Anda membaca dalam gelap. Mata Anda akan melakukan penyesuaian, tapi bagi beberapa orang hal itu akan membuat sakit kepala. Demikian juga ketika Anda melihat sesuatu yang sangat dekat, seperti membaca buku atau menjahit, yang membutuhkan banyak penyesuaian mata. Jika objek terlihat gelap, sel batang dan sel kerucut akan meningkatkan kemampuannya untuk mengatur cahaya. Hal ini, yang membuat mata menjadi tegang dan biasanya orang akan merasa sakit kepala dan pusing ringan. Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa membaca di tempat gelap menyebabkan rabun tetapi tidak ada salahnya untuk tetap membaca di tempat yang terang.


    2. Olahraga

    Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang meningkatkan kadar oksigen ke mata dan menghilangkan racun.



    3. Tidur Nyenyak

    Saat tidur mata akan diberikan kesempatan untuk beristirahat sehingga mata tidak tegang dan memerah. Begadang hanya akan melelahkan mata dan membuat mata tegang sehingga biasanya mata akan memerah dan berair. Lebih baik kurangi begadang agar mata tetap sehat.



    4. Hindari Mengucek Mata

    Mengucek mata hanya akan menyebarkan bakteri ke mata Anda. Anda tidak tahu apakah tangan Anda bersih atau kotor. Mengucek mata juga menyebabkan infeksi mata dan berbagai masalah pada mata. Sebaiknya jika mata Anda terasa gatal basuh dengan air yang mengalir dan hindari mengucek mata.



    5. Cuci tangan Anda

    Menjaga tangan tetap bersih sangat penting ketika menyangkut mata Anda, terutama jika Anda seorang pemakai lensa kontak. Sebelum Anda menyentuh mata Anda dan sebelum Anda memasukkan atau melepas lensa kontak, cuci tangan Anda dengan sabun lembut dan keringkan dengan handuk yang tidak berbulu. Beberapa kuman dan bakteri yang berasal dari tangan Anda dapat menyebabkan infeksi mata, seperti konjungtivitis bakteri (mata merah muda).


    6. Jangan Merokok

    Merokok membuat mata Anda terkena stres oksidatif tingkat tinggi. Meskipun hubungannya belum diidentifikasi dengan jelas, diketahui bahwa merokok meningkatkan risiko berbagai kondisi kesehatan yang memengaruhi mata. Bahkan rokok memiliki berbagai macam kandungan yang sangat berbahaya untuk selengkapnya bisa cek di : Kandungan dan Efek Berbahaya pada Rokok


    7. Memakai Kaca Mata Hitam

    Untuk melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya, pilihlah kacamata hitam dengan perlindungan UVA dan UVB. Juga, mengenakan topi dengan pinggiran akan sangat mengurangi jumlah radiasi UV yang menyelinap di sisi kacamata hitam Anda.



    8. Kurangi Penggunaan Perangkat Digital

    Anda mungkin menggunakan perangkat digital seperti smartphone, komputer, dan televisi selama berjam-jam setiap hari di kantor dan di rumah. Perangkat digital membuat mata Anda terkena cahaya biru berenergi tinggi. Ini disebut cahaya biru karena panjang gelombang yang dipancarkan berada di dekat bagian yang lebih biru dari spektrum. Kurangi penggunaan perangkat digital Anda. Jika seandainya Anda tidak bisa mengurangi penggunaan perangkat digital sebaiknya Anda mengurangi kecerahan monitor dan atur jarak pandang dengan monitor agar tidak sedekat mungkin.


    9. Makanlah Diet Seimbang Bernutrisi Tinggi

    Sebagai bagian dari diet sehat, pilih makanan yang kaya antioksidan, seperti Vitamin A dan C seperti sayur – sayuran dan ikan. Banyak makanan - makanan terutama ikan berlemak, seperti salmon - mengandung asam lemak omega-3 esensial yang penting bagi kesehatan makula, bagian mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral.

    Asupan antioksidan yang tidak memadai, konsumsi alkohol atau lemak jenuh dapat menciptakan reaksi radikal bebas yang dapat membahayakan makula/bagian tengah retina. Diet tinggi lemak juga dapat menyebabkan endapan yang menyempit aliran darah di arteri. 

    Jadi itulah artikel tentang Tips Menjaga Mata agar Tetap Sehat. Selalu jaga kesehatan matamu ya agar tidak terjadi kelainan pada mata apalagi sampai menggunakan kacamata bantu. Yuk share artikel ini ke teman - temanmu jika bermanfaat

    Baca juga : Kebiasaan Kecil agar Hidupmu Sehat, Seimbang dan Tidak Stress

    2 Responses to "Tips Menjaga Mata Anda agar Tetap Sehat dan Tidak Minus"

    1. Menjaga mata emang sangat penting, saya nyesel dulu gak jaga mata hasilnya sekarang pake kacamata

      ReplyDelete
    2. mata sering lelah karena menatap layar monitor terus.

      ~Situsnesia com~

      ReplyDelete

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel