Recent Posts

    8 Manfaat Luar Biasa dari Hiking / Mendaki Gunung bagi Kebugaran dan Kesehatan Fisik, Mental, dan Sosial


    Dinisehat.id - Anda ingin meningkatkan kebugaran  secara keseluruhan, baik secara fisik maupun mental? Apakah Anda sadar akan manfaat hiking yang tak terhitung? Simak artikel ini karena saya pikir Anda akan benar-benar kagum pada keuntungan luar biasa yang dapat diberikan oleh aktivitas sederhana ini

    Apa Manfaat Mendaki?

    Ada alasan mengapa, jawaban untuk penanganan hampir semua jenis penyakit adalah dengan 'berjalan kaki'. Menuju ke alam terbuka telah menjadi obat yang diterima secara luas untuk semua jenis masalah, mulai dari stres dan kecemasan, hingga perasaan lesu setelah pesta pada acara makan malam.

    Dari meningkatkan kebugaran, hingga meningkatkan kesejahteraan mental - dan bahkan membantu kita dalam kehidupan sosial kita, hiking menawarkan semua jenis manfaat nyata. 


    1.  Meningkatkan Kebugaran Secara Keseluruhan, dan Membantu Membangun Otot

    Kita semua tahu betapa pentingnya olahraga untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Kami terus-menerus mengingatkan betapa pentingnya untuk memasukkan kegiatan olahraga ke dalam rutinitas harian dan mingguan Anda.

    Kehadiran Gym, dengan mesinnya yang stabil dan praktis, dapat membuat konsep berolahraga secara teratur menjadi kurang menarik yang menjadi alasan pendakian. Salah satu manfaat terbesar dari hiking adalah berkontribusi secara aktif kepada tingkat kebugaran Anda secara keseluruhan.

    Sementara kegiatan kardiovaskular seperti lari dan bersepeda sangat baik bagi kesehatan, hiking sebenarnya dapat menawarkan manfaat yang setara. Bagian otot yang dirangsang selama hiking yaitu termasuk paha depan, paha belakang, dan otot-otot tungkai bawah dan pinggul kita - dan hiking dengan ransel merupakan dorongan besar untuk meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, berjalan adalah latihan menahan beban, sehingga membantu membangun kepadatan tulang. 


    2. Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

    Bukan hanya tingkat kebugaran dan otot kita yang menerima dorongan vital selama pendakian, salah satu manfaat kesehatan lain dari hiking adalah membantu kita menurunkan berat badan. Menurut Livestrong , hiking dapat membakar antara 440 dan 550 kalori per jam .

    Itu banyak. Banyak sekali. Jika Anda menimbang rata-rata 160lbs atau setara dengan 72kg, dan Anda melakukan pendakian selama 3 jam, Anda berpotensi membakar lebih dari 1.200 kalori, lebih dari setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

    Perlu ditunjukkan bahwa cara kita untuk menurunkan berat badan bagi setiap orang memiliki cara yang berbeda. Ada juga banyak faktor lain yang mempengaruhi berat badan kita, terutama diet dengan mengurangi makan, tetapi jika penurunan berat badan adalah salah satu cara yang ingin Anda lakukan, hiking bisa menjadi tambahan yang bagus untuk rutinitas Anda. 


    3. Meningkatkan Tekanan Darah, dan Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

    Salah satu hal hebat dari manfaat hiking adalah dapat meningkatkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Tidak mengejutkan mendengar bahwa manfaat kesehatan dari hiking tidak hanya mencakup penurunan berat badan tetapi dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung serta kondisi serius lainnya.

    Penelitian oleh CDC (Center Of Disesase Control and Prevention) telah menemukan bahwa berjalan kaki selama satu jam sehari, lima hari seminggu, dapat mengurangi risiko seseorang mengalami stroke. Aktivitas aerobik berjalan juga menguatkan jantung, dan memberikan dorongan fantastis pada kadar HDL kita (kolesterol baik) dan menurunkan kadar LDL dan trigliserida (kolesterol jahat).

    CDC juga menemukan bahwa mereka yang melakukan latihan kardiovaskular seperti hiking memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami masalah jantung dibandingkan orang yang tidak berolahraga itu adalah beberapa statistik yang bisa kita dapatkan!

    Ternyata banyak manfaat fisik dari hiking, sekarang saatnya untuk fokus pada apa yang dapat dilakukan hiking untuk pikiran. Jadi, mari kita beralih ke manfaat mental yang luas dari hiking. 


    4. Membuat Anda Menjadi Lebih Kreatif

    Hiking tidak hanya bagus untuk tubuh,tetapi bagus untuk pikiran dan jiwa. Ini adalah salah satu hal hebat tentang manfaat dari kegiatan ini. Melakukan aktifitas hiking bisa membuat kita lebih kreatif.

    Salah satu hal terbesar yang menghambat kemajuan kreatif dan daya pikir kita adalah rentang perhatian kita di zaman modern ini, kita ditimpa oleh email, teks dan pemberitahuan sosmed yang menggelegar dari ponsel kita. perangkat yang dapat membuat kita menjadi mudah terganggu, dan menghalangi kemampuan kita untuk fokus dalam waktu yang lama.

    Penelitian oleh Ruth Ann Atchley dan David L. Strayer menemukan bahwa menghabiskan waktu di luar rumah meningkatkan kemampuan kita untuk fokus, rentang perhatian kita, dan keterampilan pemecahan masalah kita hingga 50 persen. Ini mungkin salah satu manfaat hiking dalam perkembangan mental kita.

    Hiking menawarkan kita kesempatan untuk mendapatkan udara segar, banyak sinar matahari yang meningkatkan vitamin D, serta menjauhkan kita dari perangkat elektronik yang mengandung radiasi selama berjam-jam pada suatu waktu tertentu.

    Kombinasikan ini dengan fakta bahwa para peneliti Universitas Stanford menemukan bahwa partisipan memberikan lebih banyak respons kreatif terhadap pertanyaan ketika berjalan di atas treadmill daripada yang hanya duduk di atas kursi sambil menonton TV. 


    5. Meningkatkan Kemampuan Regeneratif Tubuh 

    Walaupun ada banyak bukti untuk mendukung argumen bahwa hiking dapat membantu mencegah semua jenis masalah kesehatan, bahkan ada beberapa indikasi bahwa hiking dapat membantu tubuh untuk pulih setelah kondisi serius seperti kanker.

    Ada banyak aspek yang berperan dalam kondisi seperti kanker, banyak di antaranya yang tidak sepenuhnya kita pahami, tetapi ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa hiking mungkin berperan dalam meningkatkan kapasitas antioksidan pada pasien onkologis.

    Jika itu kedengarannya sedikit terlalu rumit, inti dari temuan ini adalah bahwa di antara banyak manfaat hiking mungkin indikasi bahwa aktivitas tersebut membantu pasien baik penderita kanker, atau dalam pemulihan dari pengobatan, melawan penyakit dan membantu tubuh dalam pekerjaannya untuk mengurangi perkembangan, kekambuhan, dan timbulnya kanker.


    6. Meningkatkan Kesehatan Mental Secara Keseluruhan

    Sulit untuk meremehkan manfaat psikologis dari hiking. Cukup keluar dari rumah Anda, dan nikmati ketenangan alam dan angin segar yang merangsang ketenangan bagi jiwa Anda.Ada banyak bukti bahwa hiking dapat secara aktif meningkatkan keseluruhan kesehatan mental kita.

    Kondisi seperti stres, kecemasan, depresi, dan kesulitan kesehatan mental lainnya, lebih menonjol daripada sebelumnya, pada kenyataannya, badan amal kesehatan mental Pikiran mencatat bahwa di Inggris, seperempat populasinya, akan mengalami gangguan mental dan masalah kesehatan setiap tahun akibat stress,depresi dan gangguan mental lainnya.

    Sama sekali tidak biasa bagi kita untuk berjuang dengan kondisi seperti depresi, tetapi penelitian baru telah menemukan bahwa bahkan 90 menit berjalan di alam dapat memiliki efek dramatis pada otak, dan cara kita merasakan suatu hal.

    Penelitian ada yang telah menunjukkan bagaimana jalan-jalan di luar dapat memberikan dorongan semangat bagi suasana hati kita, tetapi data baru yang dikumpulkan oleh para peneliti di Universitas Stanford, telah menemukan bahwa akarnya jauh lebih dalam dari itu.

    Mereka meminta para peserta untuk mengisi kuesioner ruminasi (ruminasi pada dasarnya adalah repetitif dan biasanya refleksi diri yang negatif  dan itu adalah elemen kunci dari masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan) dan melakukan pemindaian otak, sebelum para peserta menyelesaikan jalan-jalan di salah satu lingkungan perkotaan atau outdoor. Mereka kemudian meminta peserta untuk mengisi kuesioner lagi dan melakukan pemindaian otak komparatif. 

    Hasilnya para peserta yang telah mengambil jalan-jalan di lingkungan alami menunjukkan pengurangan yang signifikan dan konsisten dalam pemikiran ruminatif, baik melalui tanggapan kuesioner dan pemindaian otak mereka.

    Ini menunjukkan bahwa hiking tidak hanya membuat Anda sedikit bersemangat, namun sebenarnya dapat mengubah cara kerja otak Anda, dan menarik fokus dari pikiran negatif yang berulang-ulang. Ada banyak lagi yang bisa ditemukan, dan temuan ini menunjukkan bahwa kita baru saja mengelupas permukaan potensi manfaat psikologis dari hiking. 

    7. Hiking Membuat Kita Lebih Bahagia dan Mensyukuri Berbagai Keadaan.

    Kami akan memperjelas hal ini dengan fakta bahwa setiap orang berbeda. Pernyataan bahwa hiking membuat kita lebih bahagia mungkin akan dibantah secara kejam oleh rata-rata anak berusia 14 tahun, yang katanya 'Tapi apakah kita harus ?!' terutama bagi anak muda sekarang yang bawaaannya mager.

    Dengan mengatakan itu, perlu dicatat bahwa salah satu manfaat terbaik dari hiking adalah dapat secara aktif berkontribusi pada peningkatan perasaan bahagia, terutama di antara mereka yang berjuang dengan depresi, atau rendah diri. Satu studi menemukan bahwa dalam kasus yang paling ekstrim dari pasien yang memiliki risiko tinggi untuk bunuh, mendaki gunung menyebabkan penurunan drastis dalam perasaan putus asa. Hiking juga dapat membuat Anda lebih bersyukur karena Anda menjadi tahu bahwa alam ciptaan-Nya sangat indah dan memiliki berbagai macam keunikan yang memiliki makna tersendiri.
    "Penelitian menunjukkan bahwa hiking memiliki dampak positif dalam memerangi gejala stres dan kecemasan," kata Gregory A. Miller, PhD, presiden American Hiking Society. "Berada di alam sudah tertanam dalam DNA kita, dan kadang-kadang kita akan hal lupa itu."

    8. Hiking Bisa Menjadi Dorongan Besar Bagi Kehidupan Sosial Kita

    Saat hiking Anda akan bertemu banyak orang yang mungkin belum tentu Anda kenal dan saat Anda telah turun dari gunung Anda akan merasa seperti menjalin ikatan teman baru dan keluarga baru.
    Mengobrol, saling bahu-membahu, menceritakan berbagai pengalaman saat menaiki gunung, itu dapat memberi Anda kesempatan hebat untuk menghabiskan waktu nyata dan berkualias.

    Nah, begitulah! 8 manfaat terbaik dari hiking. Kunci utama dari semua ini bukanlah bahwa hiking adalah obat untuk ini atau itu atau perbaikan yang sempurna untuk satu masalah atau lainnya. Jauh lebih dari itu. Berjalan kaki adalah salah satu hal paling alami dan memuaskan yang bisa kita lakukan. Itu menempatkan kita kembali berhubungan dengan dunia yang kita huni, itu memberi kita kesempatan untuk berolahraga dan ikatan dengan orang yang dicintai. Semua buktinya ada bukan hanya teori semata, hiking benar-benar memiliki manfaat nyata.

    Kami juga ingin mendengar pengalaman Anda sendiri. Pernahkah Anda menemukan bahwa hiking memiliki efek mendalam pada satu area kehidupan Anda? Apakah Anda punya pengalaman hiking yang ingin Anda bagikan? Apakah Anda tidak setuju dengan semua hal di atas, dan pada kenyataannya percaya bahwa hiking benar-benar buruk bagi kami?

    Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini, kami akan senang mendengar pengalaman Anda! Dan jika Anda menikmati artikel ini, jangan ragu untuk membagikannya dengan teman-teman Anda di semua dan semua platform media sosial!!

    3 Responses to "8 Manfaat Luar Biasa dari Hiking / Mendaki Gunung bagi Kebugaran dan Kesehatan Fisik, Mental, dan Sosial "

    1. Mantab gan, Ternyata banyak juga manfaat hiking

      ReplyDelete
    2. Makasih Gan Informasinya Sangat Bermanfaat Buat Saya, Soalnya Saya Suka Mendaki

      ReplyDelete

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel