Recent Posts

    Analisis Kandungan dan Efek Berbahaya pada Rokok



    Dinisehat.id - Rokok memiliki berbagai macam kandungan, terutama rokok pada jaman sekarang memiliki berbagai macam kandungan dan komposisi zat kimia yang memiliki berbagai macam efek samping yang berbahaya jika masuk ke tubuh manusia. Artikel kali ini akan menjelaskan beberapa kandungan zat berbahaya yang ada pada rokok.


    1. Tar

    Tar adalah semacam zat kimia zat yang dihasilkan rokok ketika dibakar. Ketika asap rokok terhirup oleh manusia, zat ini akan menempel pada paru-paru karena zat ini bersifat lengket. Jika zat ini menempel terlalu banyak biasanya dapat menyebabkan kanker.


    2. Nikotin

    Nikotin adalah semacam zat adiktif yang dapat memengaruhi sistem syaraf dan peredaran darah. Zat ini bekerja sangat cepat, waktu untuk mencapai otak hanya dalam waktu 15 detik setelah dihirup. Jika rokok dan produk tembakau lainnya tidak diberikan kandungan nikotin, jumlah perokok akan turun drastis setiap hari karena nikotin mempengaruhi otak agar kecanduan oleh zat tersebut. 

    Nikotin memiliki efek samping seperti kejang, depresi, muntah, retardasi pertumbuhan, merusak perkembangan janin dan dapat memicu terjadinya kanker paru – paru karena zat ini bersifat karsinogen.



    3. Arsenik

    Biasanya berasal dari pestisida yang mengandung arsenic yang digunakan dalam pertanian tembakau dalam jumlah kecil dalam rokok. Arsenik umumnya digunakan dalam racun tikus. Efek samping zat ini akan menyebabkan peningkatan resiko kanker ginjal, kanker paru-paru, kanker hati, kanker kulit, dan kanker saluran kemih.


    4. Karbon monoksida

    Karbon monoksida adalah zat kimia yang dihasilkan dari asap rokok yang bersifat dapat mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah menjadi kurang mampu mengikat oksigen sehingga suplai oksigen dalam tubuh akan mengalami kekurangan.


    5. Amonia

    Amonia adalah gas beracun yang memiliki sifat tidak berwarna dan berbau tajam. Amonia digunakan untuk menyebabkan efek ketagihan pada perokok. Efek samping zat amonia dalam jangka pendek dapat mengakibatkan beberapa gangguan, di antaranya menyebabkan penyakit sesak napas, iritasi pada mata dan gangguan tenggorokan. Sementara untuk efek jangka panjangnya memiliki dampak peningkatan resiko kanker tenggorokan dan pneumonia.


    6. Hidrogen Sianida

    Biasanya bahan kimia ini sering digunakan untuk eksekusi mati dalam berbagai negara. Hidrogen sianida digunakan sebagai campuran dalam produksi resin dan plastic arklirik, dan juga menjadi fumigan. Bahan kimia ini memiliki efek dapat melemahkan paru-paru dan menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan mual jika terhirup manusia.


    7. Aseton

    Bahan kimia cair yang memiliki sifat mudah menguap. Efek aseton dalam jangka pendek dapat mengakibatkan iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan. Sementara Efek jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan organ hati dan ginjal.


    8. Toluene

    Toluene adalah bahan kimia yang sangat beracun. Zat ini digunakan dalam industri perekat, tinta, deterjen, pewarna dan bahan peledak. Zat toluene dalam tubuh manusia dapat menyebabkan kebingungan, mual, lemah, anoreksia, kehilangan ingatan, dan seperti mabuk. Zat ini juga dapat menyebabkan kerusakan otak permanen.


    Demikian artikel tentang Kandungan/Komposisi dan Efek Berbahaya pada Rokok. Jika artikel ini membantu jangan lupa share ke teman Anda agar mereka mendapatkan manfaatnya juga!!


    Baca juga : Apa yang Terjadi pada Tubuh Setelah Mengalami Kematian??



    3 Responses to "Analisis Kandungan dan Efek Berbahaya pada Rokok"

    1. Wah terimakasih kak mengenai informasinya, buat temen ² bisa kunjungi artikel saya 7 Langkah bisnis online agar sukses
      Agar wakti sehat anda lebih bermanfaat heheh

      ReplyDelete
    2. Ternyata zat yang terkandung dalam rokok sangat berbahaya untuk kesehatan kita, daripada untuk membeli rokok lebih baik untuk membuka Bisnis kecil yang menguntungkan

      ReplyDelete
      Replies
      1. betul sekali gan, mending buat usaha balik modal wkwk

        Delete

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel