Recent Posts

    Cara Memakai Masker dengan Tepat dan Benar agar Tidak Menghirup Polusi


    Dinisehat.id - Masker Wajah adalah salah satu alat yang digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit. Masker adalah semacam topeng longgar yang menutupi hidung dan mulut, dan memiliki simpul atau ikatan telinga di bagian belakang kepala. Biasanya masker yang paling umum digunakan adalah masker bedah.
    Masker membantu membatasi penyebaran kuman. Ketika seseorang berbicara, batuk, atau bersin mereka mungkin melepaskan beberapa kuman kecil ke udara yang dapat menginfeksi orang lain. Jika seseorang sakit, masker wajah dapat mengurangi jumlah kuman yang dilepaskan oleh pemakainya dan dapat melindungi orang lain dari sakit.
    Tetapi bagaimana Anda harus menggunakan masker medis dengan benar

    1. Pilih ukuran masker yang sesuai. 

    2. Cuci tangan sebelum memakai masker bedah.

    3. Masker bedah harus pas di wajah :


    a) Kebanyakan masker bedah mengadopsi desain tiga lapis. Lapisan terluar berfungsi menahan debu, partikel, dan alergi; lapisan tengah berfungsi sebagai  penghalang kuman dan bakteri; lapisan dalam berfungsi menyerap kelembapan dan sangat halus. Pemakai harus mengikuti rekomendasi pabrikan saat menggunakan masker bedah, termasuk penyimpanan yang tepat dan prosedur penempatan pada masker bedah (misal. tentukan sisi mana dari masker yang menghadap keluar). Secara umum, sisi berwarna hijau / sisi dengan lipatan menghadap keluar dan sisi berwarna putih menghadap ke dalam (Gambar 1).
    b) Untuk masker yang menggunakan tali: posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala mendekati ubun-ubun. (Gambar 2). Jika Anda memakai masker karet: Anda hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang telinga.
    c) Rentangkan masker bedah agar sepenuhnya menutupi mulut, hidung dan dagu (Gambar 3).
    d) Bentuk strip logam di atas hidung dan masker bedah harus pas di wajah (Gambar 4).

    4. Hindari menyentuh masker setelah digunakan. 

    Jika tidak, Anda harus mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh masker.

    5. Lepas masker dengan benar

    Saat melepas ikatan masker, buka ikatan terlebih dahulu pada tengkuk; kemudian lepaskan ikatan pada kepala belakang (Gambar 5). Untuk jenis masker karet, pegang kedua karet pada telinga dan lepaskan dengan lembut dari wajah. Hindari menyentuh bagian luar masker saat melepaskan masker karena mengandung banyak kuman.

    6. Setelah melepas masker, buanglah ke tempat sampah yang tertutup dan segera mencuci tangan.

    7. Ganti masker tepat waktu 

    Beberapa sumber menyatakan bahwa masker hanya efektif digunakan selama 4 jam pemakaian dan maksimal 1 hari. Secara umum, masker seharusnya tidak digunakan kembali. Segera ganti masker jika rusak atau kotor.

    Jadi itulah artikel tentang Cara Memakai Masker dengan Tepat dan Benar agar Tidak Menghirup Polusi. Jika artikel ini bermanfaat yuk share ke teman - temanmu sekarang!!


    Baca juga : 
    Tips Ampuh dan Efektif Cara Berhenti Merokok Seumur Hidup

    0 Response to "Cara Memakai Masker dengan Tepat dan Benar agar Tidak Menghirup Polusi"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel