Recent Posts

    5 Cara Mengurangi Rasa Sakit/Nyeri Tanpa Obat


    Dinisehat.id - Penyembuhan dari luka bisa memakan waktu, dan setiap tahap penyembuhan dapat memicu rasa sakit. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit. Masing-masing teknik ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat pemulihan Anda atau menghilangkan rasa sakit itu sendiri ketika luka Anda dalam proses penyembuhan.

    Seperti halnya saran medis, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memberlakukan tips ini. Berbagai  jenis nyeri luka  memerlukan metode perawatan yang berbeda, jadi pastikan untuk bekerja sama dengan dokter Anda selama proses penyembuhan. Simak setiap teknik berikut yang dilansir dari advanced tissue dan pilih yang mana yang paling cocok untuk menghilangkan rasa sakit pada luka Anda.


    1. Carilah Bantuan Segera Setelah Terjadi Cedera 

    Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah mendapatkan luka adalah segera melakukan penolongan pertama. Beberapa orang sering mencoba untuk membiarkan luka sembuh sendiri. Gagal melakukan perawatan medis pada waktunya dapat mengakibatkan proses penyembuhan yang lama dan rasa sakit yang tidak dapat dihindari karena perawatan yang salah. Jika Anda mencoba untuk mengobati luka sendiri dan terus mengalami rasa sakit, cara mudah untuk menemukan pertolongan adalah dengan mengunjungi dokter Anda dan menerima perawatan yang tepat.


    2. Lakukan Segalanya untuk Menghindari Infeksi

    Mencegah infeksi adalah prioritas utama dalam merawat luka karena infeksi cenderung menyebabkan nyeri luka meningkat. Setiap perawatan luka harus mencakup pendekatan khusus untuk menghindari infeksi. Salah satu cara menghindari infeksi yaitu dengan cara mengalirkan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang ada pada luka tersebut.

    Bau luka dan peradangan yang tidak biasa atau terus-menerus adalah tanda-tanda umum infeksi. Jika luka Anda menunjukkan gejala-gejala ini, segera hubungi dokter Anda. Anda kemungkinan akan diberi resep antibiotik dan pembalut luka yang mengandung antimikroba untuk mencegah rasa sakit dan infeksi pada luka.


    3. Ganti Perban/Wound Dressing Anda Secara Reguler

    mengganti wound dressing atau bisa disebut perban bisa terasa menyakitkan, tetapi itu perlu untuk menghilangkan rasa sakit jangka panjang. Pembalut luka membantu melindungi luka Anda saat sembuh, jadi Anda harus mengikuti instruksi perawatan luka dari dokter dengan cermat untuk memastikan Anda menggunakan dan mengganti pembalut dengan benar. Mengikuti prosedur perawatan luka ini adalah kunci untuk mencegah trauma pada lokasi luka yang menyebabkan rasa sakit. Bersikaplah lembut, tetap santai, dan gunakan produk yang ditentukan seperti instruksi yang diberikan.

    Penatalaksanaan nyeri harus dilakukan sebelum, selama dan setelah luka didandani. Inilah sebabnya mengapa memilih produk perawatan luka tingkat lanjut yang tepat adalah kunci untuk menghindari rasa sakit dan mendorong penyembuhan. Untuk luka bedah dan jenis luka yang sangat sensitif lainnya, Anda mungkin perlu mengunjungi ahli kesehatan untuk ganti pakaian untuk membantu mengurangi rasa sakit yang terkait.


    4. Memanfaatkan Obat Manajemen Nyeri

    Tanyakan kepada dokter Anda pilihan obat apa yang tersedia untuk mengelola rasa sakit Anda. NSAID yang dijual bebas (obat antiinflamasi non-steroid) seperti ibuprofen dan naproxen dapat digunakan jika disetujui oleh dokter. Tergantung pada jenis dan tingkat keparahan luka Anda dan bagaimana perkembangan penyembuhannya, dokter Anda mungkin juga akan membuatkan resep anti-inflamasi, antibiotik, atau obat-obatan lain untuk menghilangkan rasa sakit Anda.

    Perhatikan bahwa dalam mengonsumsi obat manajemen nyeri, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda meminumnya sesuai petunjuk. Jika obat-obatan ini gagal menghilangkan rasa sakit Anda, kunjungi dokter Anda. Rasa sakit seringkali dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu, dan obat Anda harus dapat mengimbangi Anda.


    5. Lakukan Aktifitas yang Dapat Mendistraksi Anda dari Rasa Sakit

    Ketika perhatian Anda terfokus hanya pada nyeri luka, rasa sakit itu tumbuh. Terapi distraksi adalah teknik yang bertujuan untuk mengalihkan perhatian pasien dari rasa sakit dan mengarahkan perhatian pada kegiatan positif. Saya pribadi juga sangat efektif menghilangkan rasa sakit dengan metode ini. Beberapa metode terapi distraksi yang umum adalah:


    • Mendengarkan musik
    • Bermain Game
    • Menonton Film
    • Berbicara dengan teman atau anggota keluarga
    • Latihan pernapasan
    • Meditasi

    Teknik-teknik ini telah terbukti mengurangi rasa sakit dengan mengalihkan perhatian pasien dan membantu proses penyembuhan alami tubuh.

    Masing-masing tips perawatan luka di atas bertujuan untuk mencapai tujuan untuk mencegah memperpanjang rasa sakit yang tidak perlu selama perawatan. Bicaralah dengan dokter Anda tentang masing-masing teknik ini untuk melihat mana yang akan meringankan rasa sakit luka Anda.

    Jadi itulah artikel tentang 5 Cara Mengurangi Rasa Sakit/Nyeri Tanpa Obat. Jika artikel ini bermanfaat yuk share ke teman - temanmu sekarang!!

    Baca juga : Dampak Paparan Radiasi Nuklir Pada Tubuh Manusia, Bahayakah?


    0 Response to "5 Cara Mengurangi Rasa Sakit/Nyeri Tanpa Obat"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel