Recent Posts

    Apa yang Terjadi Jika Anda Tidak Pernah Mandi?? Berbahayakah??



    Dinisehat.id - Jadi kenyataannya setiap hari Anda mandi agar tubuh Anda tetap bersih bukan? Tampaknya hal tersebut suatu aktivitas yang menyehatkan badan, tapi apakah Anda pernah berpikir tentang apa yang terjadi jika kita tidak pernah mandi?


    1. Tubuh akan mengeluarkan bau busuk

    Pada dasarnya jika Anda tidak pernah mandi maka tubuh akan mengeluarkan bau busuk. Mungkin hal tersebut menjijikan. Namun, pada kenyataannya setelah beberapa saat melakukan aktivitas tanpa mandi, tubuh akan mulai menghasilkan bau busuk. Sabun dan air saat mandi berfungsi untuk membersihkan bakteri pada tubuh dan membersihkan sel kulit mati, sehingga bakteri dan sel kulit mati tersebut akan menumpuk saat Anda berhenti membersihkan diri Anda. 

    Menurut profesor dermatologi Dr. Cameron Rokhsar, antara tumpukan sel kulit mati akan berakumulasi di atas kulit Anda yang terdapat beberapa protein dengan lapisan gula, seperti sialomucin. Banyak bakteri yang suka untuk mengonsumsi gula, dan saat mereka mencerna protein gula seperti sialomucin, mereka memproduksi apa yang kita sebut dengan bau badan. Sehingga kurang mandi sama dengan lebih banyak bau badan.



    2. Dapat menyebabkan kulit kotor dan gatal

    ketombe akan menumpuk, kulit Anda akan terlapisi minyak disertai dengan kotoran yang menempel sehingga Anda akan mulai menggaruk kulit yang gatal. Menggaruk kulit yang gatal bisa terasa sangat nikmat, tetapi jika Anda terlalu banyak menggaruk maka hal tersebut dapat melukai Anda, bahkan merusak kulit menyebabkan iritasi dan dapat menyebabkan darah keluar.

    Pada sumber lain, kurang mandi dapat menyebabkan kenaikan resiko infeksi pada kulit. Jika kulit Anda terluka (mungkin karena menggaruk) dan kulit Anda dipenuhi dengan bakteri, bakteri tersebut akan mencari celah agar bisa masuk ke dalam luka tersebut dan alhasil akan menyebabkan infeksi jaringan lunak. Anda juga dapat terkena kecenderungan masalah kesehatan lainnya, dari jerawat ke nanah hingga jamur diantara ujung kaki Anda, atau mungkin intertigo (peradangan pada kulit)



    3. Rambut menjadi lebih berminyak

    Banyak orang melaporkan memiliki rambut berminyak beberapa hari setelah keramas, yang dapat membuat rambut Anda berkilau dan terhidrasi, atau mungkin sangat sulit dikelola - tergantung jenis rambut Anda. 

    perlu diingat bagaimana tidak mencuci rambut secara teratur dapat menyebabkan penumpukan ketombe, iritasi kulit kepala, dan rambut berminyak untuk beberapa orang, Dr. Nesheiwat mengatakan "Anda bahkan mungkin mengalami bau kulit kepala karena penumpukan keringat dan memberi makan bakteri".



    4. Dapat menyebabkan terjadinya penumpukan kulit

    Saat Anda tidak pernah mandi, Anda mungkin mulai melihat bercak coklat pada kulit. Biasanya, ini hanya terjadi dalam kasus-kasus ekstrim, seperti jika Anda pergi tanpa mandi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Tetapi ini adalah efek samping yang menarik untuk diingat.

    Kondisi ini disebut dermatitis neglecta, kondisi tersebut dapat terjadi karena tidak menggosok dengan lembut dengan kain, yang memungkinkan minyak dan keringat menumpuk di kulit. Butuh beberapa saat untuk sampai ke titik ini, tetapi itu adalah efek samping yang sangat nyata dari tidak mandi.


    Jadi bagaimana? terlihat sangat menjijikan bukan? itu sebabnya Anda perlu mandi setiap hari. Namun, perlu diingat bahwa jangan terlalu sering mandi. Mandi terlalu sering juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, cukup mandi dua kali sehari saja. Jika artikel ini bermanfaat share ke teman - temanmu ya!


    Baca juga : Pola Hidup Sehat agar Awet Muda, Lakukan Hal Ini agar Tidak Menyesal!!



    0 Response to "Apa yang Terjadi Jika Anda Tidak Pernah Mandi?? Berbahayakah??"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel